Senin, 11 November 2013

Moralitas Pelajar Zaman Sekarang



Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. Sebagian besar penduduk di Indonesia adalah anak-anak muda dan pelajar, bibit penerus bangsa. Seiring perkembangan zaman moral pelajar di Indonesia pun semakin berubah. Sayangnya perubahan itu bukan ke arah yang lebih baik melainkan ke arah yang lebih buruk. Banyak pelajar yang melakukan hal-hal yang tidak pantas dilakukan oleh seorang pelajar. Sikap, etika, moral yang baik sudah tidak ditunjukkan lagi oleh para pelajar zaman sekarang. Dahulu pelajar merupakan sesuatu hal yang sangat membanggakan tetapi sekarang hal ini sudah tidak berarti.

Kelakuan dan sopan santun pelajar zaman sekarang pun semakin merosot. Banyak dari pelajar di Indonesia yang tidak menghargai orang yang lebih tua. Mereka tidak takut untuk melawan walaupun mereka ada di posisi yang salah. Tindakan pelajar ini pun sangat parah mengingat tingginya angka kriminalitas yang mereka perbuat. Membunuh, mencuri, tawuran antar pelajar, menyiram air keras adalah berbagai contoh kasus yang sedang marak dilakukan oleh para pelajar. Selain itu tingkat kejahatan asusila yang mereka lakukan pun sangat memprihatinkan. Di antaranya kasus foto bugil yang melibatkan pelajar di tingkat sekolah menengah pertama dan menengah atas, seks bebas di kalangan mereka dan yang sedang marak akhir-akhir ini kasus video porno siswi SMP di Jakarta Pusat. Hal seperti ini sungguh sangat memalukan bagi dunia pendidikan. 

Para pelajar sekarang sepertinya merasa hebat atas semua pelanggaran yang mereka perbuat. Mereka merasa hebat agar dapat menonjol diantara teman-teman sepergaulannya. Oleh karena itu, seseorang harus pintar-pintar dalam memilih dengan siapa mereka bergaul karena tidak semua pelajar juga memiliki moral yang rendah. Masih banyak juga pelajar yang memiliki moral yang baik. Semoga semakin berkembangnya zaman para pelajar pun semakin pintar dalam memilih hal yang baik untuk dirinya sendiri sehingga kehidupan masyarakat akan lebih tenang dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar