Kamis, 30 Januari 2014

Kenalkan Halal dan Haram kepada Anak Sejak Dini, Ini Caranya

Jakarta - Peran orang tua sangat penting dalam membentuk pribadi anak. Selain menjadi teladan, orang tua juga harus menanamkan nilai-nilai positif sejak dini. Salah satunya adalah pemahaman tentang makanan halal dan haram.

Jurnal Halal No. 105 edisi Januari-Februari 2014 memberikan informasi cara mengenalkan makanan halal dan haram kepada anak:


1. Mengenalkan label halal
Usahakan selalu membeli makanan yang sudah bersertifikat halal MUI, mulai dari makanan ringan sampai restoran saat akan bersantap bersama keluarga.

2. Mengenalkan kandungan makanan
Ajak anak mengamati kandungan yang tertera di label makanan. Jika di dalamnya terdapat bahan yang meragukan seperti gelatin, pastikan gelatin tersebut halal. Gelatin sendiri banyak terdapat pada jajanan favorit anak-anak seperti permen lunak, es krim, dan puding. Karena itu, mengenalkan komposisi makanan dapat mendidik anak berhati-hati sebelum mengonsumsi makanan.

3. Mendampingi anak saat melihat iklan
Iklan bir atau makanan dan minuman haram lainnya ada di televisi, papan iklan, majalah, poster, dll. Dampingi anak dan jelaskan bahwa makanan atau minuman tersebut tidak boleh dikonsumsi.

4. Ajak anak berbelanja
Saat berbelanja bersama anak dan menemukan makanan atau minuman haram, ajari anak mengenali perbedaannya. Misalnya daging sapi dan daging babi. Tunjukkan perbedaan warna, tekstur, dll yang menjadi ciri khas masing-masing.

5. Ajak anak ke pameran halal
Ajak anak berkunjung ke pameran produk-produk halal. Di sana ada aneka makanan dan minuman yang terjamin halal, sehingga anak akan tahu bahwa tak sedikit makanan atau minuman halal yang boleh mereka konsumsi. Anak juga bisa meminta penjelasan kepada penjaga stand tentang makanan atau minuman tersebut. Dengan demikian, anak jadi terbiasa memerhatikan kehalalan makanan atau minuman yang ia konsumsi.

6. Mengenalkan lewat Alquran dan hadis
Ajak anak membaca, mengkaji, atau bahkan menghafalkan ayat dan hadis tentang halal. Contohnya adalah QS Al-Maidah ayat 3. Atau, kenalkan ia dengan hadis yang berbunyi: "Rasulullah bersabda: tidak akan masuk surga siapa saja yang dagingnya tumbuh dari makanan yang haram. Neraka lebih utama untuknya." (HR Ahmad).

7. Ajarkan cara memperoleh makanan halal
Selain bahannya, cara memperoleh makanan juga harus halal. Contohnya, beri tahu kepada anak bahwa makanan yang dibeli dari hasil mencuri, korupsi, atau menipu haram dikonsumsi.


http://food.detik.com/read/2014/01/29/185309/2482515/901/8/kenalkan-halal-dan-haram-kepada-anak-sejak-dini-ini-caranya#bigpic





Tidak ada komentar:

Posting Komentar