Kamis, 03 Januari 2013

Posting 1 Ekonomi Koperasi



Review
PENGARUH MANAJEMEN KEANGGOTAAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD DI PROVINSI JAWA BARAT
Oleh
Caska
Peneliti pada Pusat Pengkajian Koperasi dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (P2PEM) / Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau Pekanbaru

Abstract:
The objectives of the research are to analyse: (1) the influence of membership management on the contributive participations; and (2) the influence of membership management on the incentive participations. The method used for this research is hypothesis testing. The technique of data collecting used in this research are: 1) questioner; 2) interview; 3) documentation. Analysis method used in this research is method path analysis. The result of research conclude that: (1) the membership management has a significant impact on the contributive participations; (2) the membership management has a significant impact on the incentive participations.
PENDAHULUAN
            Secara teoritis koperasi sebagai badan usaha mempunyai keunggulan yang kompetitif dibandingkan dengan badan usaha non koperasi. Keunggulan itu menurut Ropke yaitu:
1.      Keunggulan kompetitif dalam memasuki pasar monopoli
2.      Keunggulan kompetitif dalam menghemat biaya transaksi
3.      Keunggulan kompetitif dalam menciptakan pasar yang saling terkait
4.      Keunggulan kompetitif dalam mendapatkan modal kepercayaan
5.      Keunggulan kompetitif dalam mengurangi ketidakpastian
6.      Keunggulan kompetitif dalam menciptakan inovasi
Namun demikian keunggulan kompetitif yang diuraikan diatas tidak sejalan dengan keadaan di lapangan. Masalah partisipasi merupakan masalah pokok perkembangan koperasi. Anggota merupakan unsur penting dalam koperasi.partisipasi dari anggota tersebut merupakan syarat agar kinerja koperasi bertambah baik, mencegah korupsi, dan agar pengurus melaksanakan tanggung jawabnya. 

RUMUSAN MASALAH
·         Seberapa besar pengaruh manajemen keanggotaan terhadap partisipasi kontributif
·         Seberapa besar pengaruh manajemen keanggotaan terhadap partisipasi insentif

METODE PENELITIAN
            Pada bab ini akan menjelaskan tentang metode penelitian yang dipakai yaitu dengan menggunakan metode uji hipotesis. Pertimbangannya adalah karena penelitian ini bermaksud untuk menganalisis berbagai informasi dan data lengkap tentang perkoperasian beserta fenomenanya yang sedang terjadi, khususnya mengenai fenomena manajemen keanggotaan dan pengaruhnya terhadap partisipasi anggota KUD Mina di Provinsi Jawa Barat. 




Nama  :  Ryzmelinda
NPM   :  26211531

Tidak ada komentar:

Posting Komentar