Kamis, 03 Januari 2013

Posting 5. Ekonomi Koperasi



Review
PENGARUH SOSIAL – EKONOMI DARI SENTRA INDUSTRI KECIL : KASUS DI KAB. BANTUL, JOGJAKARTA
Oleh
Fereshti Nurdiana Dihan
Edy Purwo Saputro
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Solo

Kesimpulan

UKM  dengan berbagai bentuk sentra industri memiliki karakteristik yang berbeda. Meskipun demikian, ada sejumlah fakta yang menjadi problem serius bagi keberlangsungannya.  Beberapa problem yang menjadi  perhatian  lebih  serius   yaitu  perijinan,   tata   letak,   permodalan  karena  hampir   mayoritas   UKM   yang  ada   tidak  bankable, ketersediaan SDM, termasuk regenerasi  dan  suksesi  untuk terus  menjaga  kelangsungan usahanya,  kepemimpinan yang  cenderung  dualistik  antara  pemilik  dan sekaligus  menjadi   pemimpin,  problem   serius  tentang manajemen  -akuntansi yang cenderung tidak kredibel,  standar  pengupahan,  jaminan pasokan bahan baku, produk sampingan, aspek pemasaran dan yang juga penting adalah limbah hasil produksi.

Saran

Penelitian mendatang perlu melakukan pemetaan terhadap semua persoalan yang ada dengan mengacu hasil temuan  untuk kasus  UKM   di  sentra  industri   emping.  Meskipun generalisasi  dari  temuan kasus  UKM   di  sentra industri  emping  tidak  luas,  namun  fakta  yang  ada  menunjukan  adanya  persoalan  klasik  dari   UKM   yang  perlu mendapat kajian secara lebih intensif untuk mencari  solusi terbaik. Oleh karena itu saran bagi penelitian mendatang perlu melibatkan sejumlah pihak untuk menemukan solusi agar kontinuitas UKM dapat terjaga dan pada gilirannya dapat memberikan kontribusi positif, termasuk penyerapan tenaga kerja dan perbaikan mikro – makro ekonomi.

Keterbatasan

Keterbatasan dari penelitian ini adalah pendekatan kasus sehingga generalisasi yang diharapkan tidak dapat tercapai. Meskipun  demikian,  kesimpulan dari  temuan  ini  tetap memberikan gambaran  konkret  tentang berbagai persoalan yang melingkupi pada UKM dengan pendekatan kasus yaitu industri emping melinjo.


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar