Jumat, 27 Desember 2013

Produk Indonesia yang Mendunia

Polygon

Sepeda asli merek Indonesia Polygon ternyata telah sampai atau dijual hingga penjuru dunia. Dibuat dan dirakit di Sidoarjo, Jawa Timur.


Sepeda buatan PT Insera Sena ini sudah diproduksi lebih dari 20 tahun dan diekspor setidaknya ke 30 negara di dunia. Sepeda lokal ini asli buatan Sidoarjo, Desa Wadungasih, Bunduran Jawa Timur yang sudah tersebar di beberapa benua. Untuk Benua Asia, sepeda tersebut telah diekspor ke Jepang, Korea, Singapura dan Malaysia. Untuk Eropa, sepeda Polygon telah dipakai penduduk Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Australia, Swiss, Yunani, Denmark, Swedia, Finlandia, Norwegia, Rusia sampai Polandia. Selanjutnya di Benua Amerika antara lain AS, Kanada, Costa Rica dan Argentina. Sedangkan di Afrika, sepeda Polygon dikirim ke Mauritius dan Afrika Selatan. Sepeda kelahiran Sidoarjo juga dipasarkan di Australia, Selandia Baru dan Kepulauan Fiji.

Produksi sepeda pertahun mampu mencapai 550.000 sepeda oleh PT Insera Sena. Diekspor sebanyak 70% dan sisanya untuk pasa lokal. Sepeda yang diproduksipun mempunyai bermacam-macam model seperti Mountain Bike, Racing Bike, City Bike, BMX, Junior & Kids Bike dan special bike telah lahir dari tangan 580 karyawan di Sidoarjo. Komponen yang dipakai untuk merakit sepeda tersebut 50-60% adalah bahan lokal, khususnya untuk bagian rangka. Harga jualnya juga mencakup berbagai range, mulai dari Rp 1 juta-60 juta. Ekspansi dengan menambah satu pabrik lagi untuk bisa memproduksi paling tidak 1400 unit sepeda perhari atau lebih sudah direncanakan.

Saat ini, terdapat 150 varian Polygon yang dijual mulai harga Rp 2 juta hingga Rp 80 juta per unit. Setiap tahun, terjadi inovasi pada produk sepada Polygon sehingga bisa mengikuti gaya hidup masyarakat. Dispoly Indonesia selaku pemilik merek Polygon, per tahunnya mampu memproduksi 300.000 unit sepeda Polygon berbagai tipe dan varian. Selain Polygon, Dispoly Indonesia juga memproduksi sekitar 20 merek sepeda asing.






http://dreamindonesia.wordpress.com/2010/03/24/produk-asli-indonesia-ini-pasti-anda-sangka-made-in-luar-negeri/

http://finance.detik.com/read/2013/05/20/173226/2251015/1036/dibuat-di-sidoarjo-sepeda-polygon-dijual-di-17-negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar